Membangun Hubungan Positif Dengan Peserta Didik di Awal Tahun Pelajaran Baru; sebuah refleksi bagi seorang pendidik

Tulisan yang sangat bagus untuk perjalan dan proses pembelajaran terutama di awal tahun ajaran, merupakan saduran dari WAG pada hari minggu, 6 Agustus 2023. 

Saya tertarik terhadap tulisan yang menggugah para tenaga pendidik yang mungkin selama ini, ada sebagian kecil yang masih atau terlupkan akan pentingnya kedekatan antara tenaga pendidik dengan peserta didik. 

Dijelaskan bahwa ; Membangun hubungan positif antara kita sebagai pendidik dan anak didkk di tahun ajaran baru sangat penting karena memiliki dampak besar pada proses belajar mengajar dan perkembangan siswa secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa hal ini sangat penting:

  1. Meningkatkan motivasi belajar: Ketika anak didik merasa dekat dan nyaman dengan kita, mereka cenderung lebih termotivasi untuk belajar. Kita yang mampu menciptakan hubungan yang positif dapat menginspirasi dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
  2. Menciptakan lingkungan belajar yang aman:  Anak didik merasa lebih percaya diri untuk berbicara, bertanya, dan berbagi ide tanpa takut dihakimi atau diejek oleh teman sekelas.
  3. Memperkuat koneksi emosional: Ketika anak didik merasa diperhatikan dan dihargai oleh kita, mereka akan merasa lebih terhubung secara emosional dengan lingkungan sekolah dan materi pelajaran. Koneksi emosional ini dapat membantu meningkatkan ikatan siswa dengan sekolah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar.
  4. Meningkatkan kinerja akademik: Hubungan yang baik dengan kita dapat membantu anak didik merasa lebih nyaman untuk meminta bantuan atau klarifikasi ketika mereka mengalami kesulitan dalam belajar. Dengan demikian, masalah-masalah akademik dapat diatasi lebih cepat, yang berdampak positif pada kinerja akademik siswa.
  5. Menumbuhkan rasa saling menghargai: Ketika hubungan antara kita dan anak didik didasarkan pada saling menghargai dan empati, siswa akan belajar tentang pentingnya memperlakukan orang lain dengan hormat. Ini dapat menciptakan iklim sekolah yang lebih positif dan mendukung, di mana semua orang merasa dihargai dan diakui.
  6. Membangun komunikasi yang efektif: mendorong terciptanya komunikasi yang efektif. Ketika anak didik merasa nyaman berbicara dengan kita, mereka lebih cenderung berbagi gagasan, masalah, atau kekhawatiran mereka. Hal ini membantu kita memahami kebutuhan anak didik secara lebih baik dan memberikan dukungan yang tepat.
  7. Membantu mengatasi konflik: Di lingkungan kelas, konflik antara anak didik atau antara anak didik dan guru dapat terjadi. Ketika hubungan antara guru dan anak didik sudah positif, konflik tersebut dapat diatasi dengan lebih baik karena dasar saling pengertian dan komunikasi yang telah terjalin.

Itulah tujuh point yang merupakan kiat untuk meningkatkan kedekatan kita sebagai tenaga pendidik terhadap para peserta didik. Sehingga disebutkan bahwa, Secara keseluruhan, hubungan positif kita sebagai guru dengan anak didik kita membawa banyak manfaat yang membantu menciptakan lingkungan belajar yang produktif, menyenangkan, dan mendukung bagi semua pihak yang terlibat. Ini merupakan dasar penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan di tahun ajaran baru maupun di masa mendatang.


#kutemukanMERAKIbersamaGSM

#berubahberbagikolaborasi

#gerakansekolahmenyenangkan

ORDER VIA CHAT

Produk : Membangun Hubungan Positif Dengan Peserta Didik di Awal Tahun Pelajaran Baru; sebuah refleksi bagi seorang pendidik

Harga :

https://www.httpsruyatismail.my.id/2023/08/membangun-hubungan-positif-dengan-anak.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi